Langsung ke konten utama

WELAKA VS SULINGGIH SEBALIKNYA SULINGGIH VS WELAKA

WELAKA VS SULINGGIH ATAU SULINGGIH VS WELAKA

Dewalolo141@Gmail.com, 

S A L A M  ......R A H A Y U. 

Bahasa Bali : 
Welake, bani-bani lan iwang ring (mepineh, ngeraos lan parilalsanene), teken sulinggih (Temah, 7 pitung keturunan, kepastu, tusing nepukin becik) 

Bahasa Indonesia: 
Orang biasa, berani-berani/dalam artian bersalah dalam (Pemikirannya, Perkatanya, dan Perbuatnya), kepada orang yang sudah disucikan (orang biasa itu dikutuk 7 keturunan tidak akan menemukan kebaikan dalam hidupnya) 

Begitupun,..... (Sebaliknya) 

Bahasa Bali : 
Sulinggih iwang (mepineh, ngeraos lan parilalsanene) teken welaka, (busanane sulinggih, ipune, sane mastu 7 pitung keturunan nenten nyingakin becik munggah ring siwasesana) 

Bahasa Indonesia :
Orang suci salah dalam (pikiranya, perkataanya, dan perbuatannya) kepada orang biasa, (Sumpah, janji, atributnya sulinggih akan otomatis mengutuk 7 tujuh keturunan akan tidak menemukan kebaikan dalam hidupnya kelak. 




NB. 
- WELAKA : orang biasa tanpa kasta,belum diupacarai pembersihan pewintenan. 

- Sulinggih : - Su =Baik
                     - Linggih = Genah = tongos = tempat. 

- Sulinggih : sudah tua dalam tanda kutip. Bukan umur. 

- Sulinggih : orang belog, dalam tanda kutip. Tidak bisa bicara lagi, bukan bisu, karena semakin dibicarakan arti dan maknanya akan semakin jauh, diam, bukan berarti dia tidak tahu, nengil, bukan juga bodoh, tapi belog, seperti mencari arti NENGGEL, dalam bahasa indonesia, karena semuanya, laku, budi pekerti. Bersifat pribadi (untuk diri sendiri) 

- Asulinggih : Asu = anjing, kuluk. 
                        Genah = tongos = tempat. 
Berarti parilaksana seperti anjing, maksudnya, lempas, lalai, perbuatan menyimpang dari siwasesana, yang juga bersifat pribadi, hukuman dikutuk 7 keturunan sama siwasesana nya. 

Teman-teman ada yang sengsara seumur hidup? Naaaaaaaa

Jangan pernah menilai orang, mengomentari orang, nilai diri sendiri saja. Belajar bersama-Nya, sepanjang nafasmu. 

S A L A M  ......R A H A Y U. 

                        

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lontar tanpa tulis cakepan baligama

Budaya Bali Om Swastiastu, Om Awighnamastu Namo Siddham. Om Hrang Hring Sah Parama Siwaditya ya Namah. Terlebih dahulu, kami haturkan pangaksama mohon maaf ke hadapan Ida Hyang Parama Kawi serta Batara - Batari junjungan dan leluhur semuanya. Agar supaya, tatkala menceriterakan keberadaan para leluhur yang telah pulang ke Nirwana, kami terlepas dari kutuk dan neraka karena diambil dari berbagai sumber informasi, yang mungkin kurang tepat. Om Tat Pramadat Kesama Swamam. Om Santih  Home ajaran dharma Reiki  obat alternative Obat herbal Proteksi Produk Bali ▼ Belajar Tenaga Dalam Spiritual Bali Belajar Tenaga Dalam Spiritual Bali melanjutkan artikel terdahulu yang bertajuk " Belajar Tenaga Dalam Asli Bali " yang mungkin dapat dikatakan sebagai level atau tingkat dasar dari sekian banyak ilmu spiritual asli bali, berikut ini tyang bermaksud membagikan pemahaman pribadi tyang tentang pengenalan diri manusia, dimana dalam sastra bali lebih dikenal sebagai ajaran Kanda Pat at

Moksa (lontar pasuk wetu) kanda pat

Suka Nyari Artikel Sabtu, 29 Agustus 2015 Sekilas tentang Lontar Pasuk Wetu Sekilas tentang Lontar Pasuk Wetu sebelum membaca sekulas tentang lontar pasuk wetu, ada baiknya anda membaca artikel sebelumnya yang berjudul "Belajar tenaga Dalam Spiritual Bali" karena yang dibahas berikut ini ada kaitannya dengan artikel tersebut. "Belajar tenaga Dalam Spiritual Bali" merupakan pendahuluan pemahaman yang dapat digunakan bagi setiap orang yang hendak menekuni ajaran pasuk wetu atau yang lebih dikenal dengan ajaran kanda pat. untuk lebih jelasnya, ajaran tersebut dijelaskan dalam pembahasan berikut ini: Pasuk Wetu (Kanda Pat) Banyak sekali ilmu-ilmu pengetahuan dari para leluhur yg dirahasiakan bahkan banyak yg sudah punah karena lontar-lontar tidak disalin dan hancur karena sudah tua. Maka dari itu marilah kita jaga dan pelajari yg masih tersisa, salah satunya adalah lontar-lontar yang membahas ajaran ‘Pasek Wetu’. Pasuk wetu merupakan ilmu yang mempelajari (cara

Sedhana menuju moksah

SRADDHA OLEH इ कढेक् अतॅ जय ।स॥अग् A. PENGERTIAN MOKSA MOKSA BERSAL DARI BAHASA SANSEKERTA “MUC” BERARTI MEMBEBASKAN ATAU MELEPASKAN. JADI MOKSA ADALAH SUATU KELEPASAN ATAU KEBEBASAN. DIMANA KATA MOKSA DPT DISAMAKAN DENGAN NIRWANA, NISREYASA ATAU KEPARAMARTHAN. MOKSA JUGA BISA DI KATAKAN NIRGUNA BRAHMAN. YANG DIMAKSUD DGN KEBEBASAN DALAM MOKSA IALAH TERLEPASNYA ATMAN DARI IKATAN MAYA, SEHINGGA ATMAN DAPAT MENYATU DENGAN BRAHMAN BAGI MANUSIA YG TELAH MENCAPAI MOKSA BERARTI MEREKA TELAH MENCAPAI ALAM SAT CIT ANANDA. SAT CIT ANANDA BERARTI KEBAHAGIAAN YANG TERTINGGI. SETIAP MANUSIA BISA MENCAPAI MOKSA APABILA IA DGN TEKUN MENGIKUTI PETUNJUK AJARAN AGAMA. JLN YG DITUNJUK OLEH AGAMA UNTUK MENCAPAI MOKSA ADALAH CATUR MARGA YOGA: EMPAT JLN MENUJU TUHAN ATAU BRAHMAN. CIRI-CIRI ORANG YG MENCAPAI MOKSA SETIAP UMAT MANUSIA MAMPU MENCAPAI MOKSA APABILA IA TEKUN MELAKSANAKAN AJARAN AGAMANYA. DI ANTARA KE EMAT JLN TRSBUT UMAT BOLEH MELAKSANAKAN SALAH SATUNYA YANG MEREKA MAMPU LAKSANAKAN SES